Search site


Jabir Ibn Hayyan

15/04/2010 20:33

 

Jabir Ibn Hayyan adalah seorang muslim keturunan Arab dan merupakan seorang ahli dibidang kimia, farmasi, philosofi dan astronomi. Ibn Hayyan dikenal sebagai “The father Of modern Chemistry” atau bapak Kimia Modern.

Jabir ibn Hayyan menemukan asam klorida, asam sitrat, asam asetat, teknik distilasi dan teknik kristalisasi. Ia juga yang menemukan larutan aqua regia yang merupakan gabungan antara asam klorida dan asam nitrat untuk melarutkan emas. Jabir Hayyan mempu menemukan proses pembuatan besi dan logam lainnya serta pencegahan karat. Dan ia juga yang pertama kalinya mengaplikasikan penggunaan mangan dioksida pada pembuatan gelas kaca. Dan ia juga yang pertama kali mencatat tentang pemanasan anggur akan menimbulkan gas yang mudah terbakar, yang kemudian memberi jalan bagi Al – Razi untuk menemukan etanol.

Pada abad pertengahan, penelitian – penelitian Jabir tentang Alchemy diterjemahkan kedalam bahasa Latin dan menjadi textbook standar untuk para ahli kimia Eropa. Beberapa diantaranya adalah Kitab Al – Kimiya yang diterjemahkan oleh Robert of chester pada tahun 1144 dan kitab Al Sab’een yang diterjemahkan oleh Gerard of cremona pada tahun 1187.