Search site


Lahirnya Kebudayaan

15/06/2010 23:42

 

Dari sekian mahluk tuhan yang telah diciptakan, hanya manusialah yang paling istimewa dengan karakteristik yang unik ”dilengkapi dengan akal”. Dari karakteristik unik itulah maka banyak perubahan yang telah dilakukan oleh manusia dalam kehidupan dan dunianya yang mampu melahirkan pola – pola baru dalam hidup dan kehidupannya, seperti perubahan pada cara pandang dan berfikir yang berimbas pada bagaimana cara manusia itu mempertahankan dan melestarikan hidupnya.

Berawal dari sinilah maka timbul suatu hal yang mempengaruhi si manusia itu sendiri yang sekarang atau dapat dikatakan sebagai budaya dan kebudayaan. Lahirnya suatu kebudayaan atau budaya dapat dikatakan sama dengan lahirnya atau pertama kali manusia itu diciptakan. Lahirnya suatu kebudayaan tentunya tidak semerta – merta begitu saja terjadi tanpa adanya suatu proses dari hidup dan kehidupan yang dijalani oleh manusianya.

Faktor utama yang melatar belakangi lahirnya budaya dan kebudayaan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusianya, baik kebutuhan sandang, pangan serta papan, yag kesemuanya itu bertujuan untuk mempertahankan serta melestarikan kehidupaannya. Pada dasarnya kebutuhan tersebut secara garis besar dikelompokan menjadi dua, yaitu kebutuhan jasmani dan rohani. Kebutuhan – kebutuhan tersebut tentunya sangat kondidional dan ditunjang pula oleh faktor lain, seperti letak geografis atau alam, cara mereka memperoleh makanan dan tidak luput pula terjadinya proses pembelajaran yang dialami dan dilaluinya

Pada dasarnya kebudayaan lahir karena manusia memiliki kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Dan kebutuhan manusia itu selalu berubah – ubah atau bersifat temporer sehingga terjadi perkembangan didalamnya. Dengan kata lain bahwa kebutuhan hidup akan selalu disesuaikan dengan apa yang mereka perlukan. Begitupula kebudayaan, Pada dasarnya kebudayaan tidak diam, tetapi kebudayaan pun melakukan perubahan – perubahan dan selalu berevolusi yang dikenal dengan evolusi budaya. Sehingga dapat dikatakan bahwa kebudayaan bukanlah merupakan suatu warisan biologis, tetapi kebudayaan adalah hasil dari kepandaian yang diwarisi oleh masyarakat atau orang pendahulu atau sebelum kita memlalui komusikasi, baik melalui simbol, ucapan hingga pernyataan sikap yang melahirkan tumpukan – tumpukan adat istiadat, norma yang mengikat, aturan sosial dan sebagainya yang beregenerasi dari generasi ke generasi hingga saat ini.

Manusia merupakan mahluk paling sempurna yang telah dan pernah diciptakan tuhan, karena manusia dilengkapi dengan akal. Akal pada manusialah yang selalu memiliki rasa ingin tahu yang mengakibatkan perkembangan dan perubahan dalam hidupnya.