Search site


Makhluk Halus di Indonesia

29/05/2010 21:10

Mungkin sebagian dari kita percaya bahwa makhluk halus itu benar-benar ada di dan hidup seperti manusia pada umumnya, bekerja, mempunyai keturunan dan lain-lain. Namun, kita harus bisa menggaris bawahi bahwa mereka hidup di dunia mereka.

Dan ada juga sebagian dari kita yang tidak mempercayai keberadaan itu semua. Di Indonesia khususnya, jika kita telusuri ada banyak macam makhluk.  Semua tergantung kepada kepercayaan masing-masing. Bagi seorang muslim yang beriman sangat percaya akan adanya makhluk-makhluk ghaib tersebut.

Jika kita sadari, mereka lebih suka tinggal di tempat-tempat yang angker, gelap dan tak berpenghuni, tidak terawat dan sebagainya. Hantu adalah salah satu makhluk ghaib yang kerap kali kita dengar. Hantu secara global adalah sebutan bagi sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan setelah mati. Sesekali kita atau teman kita pasti pernah merasakan dan melihat penampakan hantu di sekeliling mereka.

Banyak makhluk ghaib lain di Indonesia, seperti kuntilanak, tuyul, dan lain sebagainya. Jika kita telusuri akan misteri hantu, hantu dipercaya lebih identik dengan sesuatu yang baik. Hal ini dikarenakan mereka tidak menggangu manusia.

Tidak seperti halnya iblis. Akan tetapi, jika kita bandingkan dengan negara berkembang, masyarakat lebih banyak tidak mempercayai adanya penjaga atau penunggu di suatu tempat. Mereka lebih menitik beratkan pada logika bahwa tidak ada makhluk ghoib, hantu, setan, dll pada era modernisasi. Oleh sebab itu, oleh sebagian kalangan mereka tidak mempercayai akan adanya makhluk mistis tersebut.

Namun, jika kita logikakan bahwa akankah kita sadar bahwa selain kita Tuhan juga menciptakan makhluknya dari api dan cahaya?

sumber : www.hantuhantu.com