Search site


Manusia dan Penderitaan

18/03/2010 18:05

 

 

Penderitaan berawal dari sebuah masalah, maka jika kita berbicara mengenai penderitaan maka kita harus melihat pokok permasalahan yang yang menimbulkan penderitaan. Penderitaan itupun merupakan bagian dari hidup dan kehidupan kita “manusia” dan akan selalu begitu dari dulu hingga kini bahkan nanti hingga akhir zaman. Menderita – Senag, Baik – Buruk, Sukar – Mudah begitu seterusnya yang menjadi siklus kehidupan.

Penderitaan berawal dari masalah dimana masalah itu sendiri adalah segala sesuatu yang tidak mencapai target atau harapan. Penderitaan yang dialami setiap manusia memilki kadar yang berbeda – beda sesuai denga kapasitas perasaan dan definisi mereka tentang itu, karena penderitaan hingga kini belum ditemukan parameternya. Karena jika kita berbicara mengenai hati akan sangat sulit untuk menentukan parameter dan acuan yang valid.

Penderitaan pun masih dapat dikategorikan sebagai lawan dari sebuah cinta dan harapan, sehingga penderitaan itu sendiri tetap akan dapat melahirkan karya – karya seni tingkat tinggi sama hanya seperti cinta. Penderitaan berasal dari bahasa sangsekerta yaitu Dhra – Sak yang artinya adalah menahan atau menanggung serta merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan baik bersifat psikis atau non psikis.